Beranda > Resensi Buku Rohani > Transformasi Misi Kristen

Transformasi Misi Kristen

Buku ini merupakan buku teks (“texbook”) wajib bagi mahasiswa sekolah teologia yang mengambil mata kuliah Missiologi.  Buku setebal 849 halaman ini adalah buku klasik tentang teologi misi yang ditulis oleh David J. Bosch, seorang tokoh utama bidang miologi modern yang diterima oleh kalangan oikumenis dan evangelikal.

 

Dari judul buku ini yaitu Transformasi Misi Kisten, sejarah teologi misi yang mengubah dan berubah, kita dapat segera menangkap makna tersirat dari isi buku ini.  Misi yang mengubah mengandung arti misi yang dipahami sebagai usaha mengubah realitas, sedangkan misi yang berubah bermakna misi itu sendiri dapat berubah sesuai zamannya.

 

Buku ini dimulai dengan pemahaman misiologi dalam “versi ganda”.  Versi tunggal definisi misi adalah versi yang seragam dengan mengingat pengalaman misi masa lalu.  Namun, Bosch memulai tesis buku ini, yakni versi jamak dari misi, yaitu mendefinisikan misi dengan meninjau perubahan-perubahan dalam misi selama 20 abad terakhir dari sejarah gereja Kristen.

 

Buku ini terbagi atas 13 bab yang dirangkum dalam 3 bagian.  Bagian I dan II dapat dikatakan sebagai, sesuai judul buku ini, adalah misi yang mengubah dunia pada zamannya.  Bagian I berkisar  model-model misi  dalam perjanjian baru.  Bagian I dapat dikatakan sebagai model-model misi masa lalu, yang dimulai dengan refleksi  terhadap  perjanjian baru sebagai sebuah dokumen misi (bab 1, hal 21 – 86).   Dilanjutkan dengan Bab 2 (hal. 87 – 129) yang membahas dari tinjauan kitab Matius, misi sebagai proses pemuridan.  Bab 3 (hal 130 –191) membahas kitab Lukas sampai Kisah Para Rasul: mempraktikkan pengampunan dan solidaritas dengan kaum miskin.  Bagian ini diakhiri dengan bab 4 (hal 192 – 284) membahas misi Paulus: undangan untuk bergabung dengan komunitas eskatologis.

 

Bagian II menguraikan aneka paradigma historis tentang misi.  Bab 5 (hal. 285 – 298) menjelaskan perubahan-perubahan paradigma dalam misiologi.  Bab 6 (hal 299 – 333) menguraikan paradigma misi gereja timur.  Bab 7 (hal 333 – 370) membahas paradigma misi Katolik  Roma abad pertengahan.  Bab 8 (hal 371 – 404) menguraikan  paradigma misi reformasi protestan.  Bab 9 (hal 405 – 535) menjelaskan misi pada masa awal zaman pencerahan.

 

Bagian III pada dasarnya menguraikan misi sebagai obyek yang dapat berubah sesuai zamannya.  Bagian ini dimulai dengan munculnya paradigma pasca-modern (bab 10, hal 535 – 539.  Dilanjutkan dengan bab 11 (hal557 – 564 ) tentang misi dalam tahap percobaan.  Bab 12 (hal 565 – 784) menguraikan unsur-unsur paradigma misi oikumenis yang sedang muncul.  Buku ini diakhiri dengan Bab 13 yang menjelaskan misi dalam berbagai cara.

 

Selengkapnya Book Report atau laporan buku tersebut dapat dibaca disini BLOG REVIEW BUKU TRANSFORMASI MISI KRISTEN

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: