Beranda > Resensi Buku Rohani > Resensi Sains dan Alkitab

Resensi Sains dan Alkitab

RESENSI BUKU SAINS DAN ALKITAB

Dalam Bab 1, penulis mengemukakan tentang Hukum Termodinamika pertama yaitu hukum kekekalan energi yang intinya menyatakan bahwa jumlah keseluruhan energi adalah tetap.  Tidak ada energi yang hilang atau musnah.  Dan hukum Termodinamika kedua atau hukum kemerosotan energi yang intinya menyatakan bahwa persediaan energi akan selalu merosot atau tercipta suatu entropi (kemerosotan energi).  Dengan berlandaskan kedua hukum tsb, Penulis mencoba menegaskan bahwa kedua hukum utama dalam sains tersebut sama sekali tidak bertentangan dengan Alkitab.  Penulis mencoba menguraikan tentang penciptaan alam semesta dengan pendekatan kedua hukum utama sains tersebut (h.17). Pemahaman tentang dua hukum sains ini menjadi hal yang fundamental untuk memahami Bab 1 yang bertajuk Sains dan Alkitab.

Berbeda dengan pendapat umum, Henry M. Morris dalam Bab 3 mengatakan bahwa evolusi bukanlah sains sama sekali; evolusi adalah suatu filsafat atau cara berpikir (h. 33).  Penulis meyakini pencitaan alam semesta secara literal 6 hari sesuai kitab Kejadian (h.34).  Tidak ada bukti bahwa evolusi semakin meningkat, hal demikian hanyalah sebuah khayalan, sebaliknya penulis mengutarakan kemerosotan atau kemunduran sesuai Hukum Sains Entropi. Kebenaran inilah yang mengganggu para ahli evolusi (h.56).

Bencana banjir besar Air Bah pada Bab 3 pada zaman nuh diyakini penulis sebagai bencana global yang disebabkan oleh faktor “atmosferik maupun ”geofisik” (h.61).   Lebih jauh penulis menguraikan penyebab terjadinya bencana Air Bah dari sudut ilmiah.  Penjelasan Bab  4 tentang keaslian Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru banyak diambil dari catatan sejarah.  Kebangkitan Yesus Kristus dijelaskan secara logis sehinga pembaca akan lebih mudah menerima fakta kebangkitan Kristus.

Buku tipis sebanyak 146 halaman ini diakhiri dengan Bab 5 tentang uraian puluhan nubuat di dalam Perjanjian Lama yang digenapi dalam Perjanjian Baru.  Penggenapan nubuat ini menguatkan keakurasian Alkitab ditinjau dari sudut sains.  Penjurus (index) di halaman terkahir menolong  pembaca mencari suatu topik.

Buku terjemahan ini boleh dikatakan sebagai buku bacaan yang “serius”.  Kalimat penulis banyak menggunakan kalimat-kalimat yang panjang dan anak kalimat sehingga pembaca seringkali dituntut membacanya berkali-kali agar dapat menangkap maksud penulis.   Pun demikian, buku ini adalah bacaan wajib yang sedang mendalami hubungan iman dan ilmu, juga bagi mahasiswa teologi, hamba Tuhan dan orang awam yang ingin lebih mengagumi alam semesta karya ciptaan Allah sangat dianjurkan membaca buku ini.

 

  1. wtomi
    17 Februari 2012 pukul 11:48 pm

    tolong ringkasan bukunyanya donk dong pak…..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: